Selasa, 10 Agustus 2010

Keutamaan Ramadhan

Alhamdulillah,senang banget. Akhirnya setelah pilah-pilih template untuk blog dan bikin konsepnya supaya lebih niche. Akhirnya blog saya jadi juga. Untuk posting awal dari pada bingung-bingung mending tulis tentang keutamaan Ramadhan aja, karena bertepatan dengan Ramadhan 1431 Hijriah.
Ada begitu banyak sekali keutamaan Ramadhan dan ada beberapa julukan yang diberikan untuk bulan yang mulia ini.

Pertama, Ramadhan disebut juga bulan diturunkannya Al Quran (Al-Baqarah: 185) itulah mengapa Ramadhan disebut Syahr Al-Quran (bulan Al-Quran).

Kedua, bulan dimana seluruh umat Islam diwajibkan Puasa / Shaum dan itulah Ramadahan juga disebut Syahru Shiyam (Bulan puasa). Allahpun menetapkan, puasa dan Al-Quran sebagai pemberi syafaat pada hari kiamat kepada umat Islam yang melaksanakan. Bulan ini juga malaikat akan memintakan ampunan untuk mereka diakhir bulan Ramadhan.

Ketiga, Dibulan ini juga Allah menjadikan salah satu malamnya sebagai Lailatul Qadr yaitu satu malam yang nilainya lebih baik dibanding seibu bulan (Al-Qadri : 1-5)

Keempat, pada saat memasuki bulan Ramadhan maka semua pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu jahanam akan ditutup. Sementara Syaitan dibelenggu.

Kelima, Pahala perbuatan baik dibulan Ramadhan juga dilipat gandakan oleh Allah SWT. Melakukan satu amalan sunnah, pahalanya sama dengan amalan fardhu dibulan lain. Melakukan satu amalan fardhu nilainya dilipatgandakan menjadi 70 kali.

Keenam, Terjadi sejumlah peristiwa-peristiwa penting dibulan Ramadhan, diantaranya:Nabi mengirim detasemen Hamzah untuk menghadang rombongan Quraisy yang datang dari Syam menuju Mekkah.
Perang Badar Qubro meletus pada 17 Ramadhan 2 H. Dalam peristiwa itu kaum Muslim dibantu oleh 5.000 malaikat (Al-Imran:125)
Futuhat Makkah juga terjadi pada bulan Ramadhan 8H. Pada saat itu turun perintah untuk menghancurkan berhala di sekitar ka’bah. Karena itu Ramadhan juga dikenal sebagai Syahru Al-Jihad (Jihad & kemenangan) 

Mari kita jalani Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Karena siapa tahu, kita tidak bertemu Ramadhan di tahun depan. Akhirul kalam.. Selamat menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan, semoga Allah menerima semua ibadah kita. Amin ya robbal Alamin..

0 komentar:

Posting Komentar